Pengenalan Pengertian dan Bagian-bagian Komputer Kepada Anak


Pengertian Komputer 

Pada zaman sekarang penggunaan komputer sudah sangat umum baik di rumah, sekolah, kantor, maupun industri. Adapun pengertian Komputer itu sendiri adalah mesin yang membantu kerja manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat

Bagian - bagian Komputer 

Secara umum komputer terdiri dari Software (perangkat lunak) dan Hardware (perangkat keras). Hardware terdiri atas :
  1. CPU (Central Processing Unit)
  2. Monitor 
  3. Mouse
  4. Keyboard 
  5. Printer 
  6. Aktif Speaker 
  7. Scanner (pemindai) 
  8. Microphone
  9. Camera
  10. dll.

1. Monitor

CRT Monitor (monitor tabung) Monitor ini berbentuk seperti televisi pada umumnya. memiliki layar berbahan dasar gelas sebagai penampil gambar. Namun kelemahannya monitor ini agak boros listrik. 

LCD Monitor (Liquid crystal Display Monitor), monitor ini memiliki layar datar berbahan plastik dan memiliki keunggulan hemat energi saat pemakaiannya. 

Monitor ini berfungsi untuk menampilkan seluruh data yang sedang diinput.   


2. CPU (Central Processing Unit) 


CPU berfungsi sebagai otak dalam komputer. Seluruh proses dan pengolahan data berlangsung. CPU berbentuk sebuah kotak yang terdiri dari beberapa komponen hardware lain yang menjadi satu kesatuan dalam sebuah proses kerja.  

3. Mouse 


Alat ini berfungsi untuk menggerakan pointer yang tampil di layar monitor. Bentuknya kecil menyerupai tubuh tikus makanya disebut Mouse (tikus). 

4. Keyboard 


Keyboard merupakan alat input data, yang terdiri dari beberapa tombol. Ada yang berfungsi untuk pengetikan huruf, angka, simbol dan fungsi lainnya.

5. Printer 

Printer  adalah sebuah alat yang berfungsi mencetak data yang telah dibuat ke dalam bentuk tulisan diatas kertas. atau bisa dikatakan printer sebagaai alat output. 


Labels: Komputer

Thanks for reading Pengenalan Pengertian dan Bagian-bagian Komputer Kepada Anak . Please share...!

0 Comment for "Pengenalan Pengertian dan Bagian-bagian Komputer Kepada Anak "

Back To Top