Download Pedoman Operasional Bantuan Sosial Untuk LKSA Tahun 2015


Bantuan Sosial Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Melalui Pusat dan Dekosentrasi Tahun 2015 sudah mulai digulirkan kepada panti-panti sosial yang telah lolos verifikasi. Silahkan Download Pedoman Operasional Bantuan Sosial Untuk LKSA Tahun 2015 di sini : Pedoman Operasional Bantuan Sosial Untuk LKSA Tahun 2015

Sekilas tentang Bantuan Sosial Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA)

Bantuan Sosial Anak melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak yang selanjutnya disebut LKSA merupakan salah satu bagian dari program pemerintah dalam rangka mendukung pengasuhan anak berbasis keluarga. Hal ini sejalan dengan tanggung jawab utama orangtua dalam pengasuhan anak sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang.

Setiap anak memiliki kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan hubungan dengan orangtuanya, kesejahteraan diri, keselamatan, dan pengasuhan yang berkelanjutan. Kebutuhan tersebut hanya bisa dipenuhi dari orangtuanya sendiri sebagai fondasi bagi tumbuh kembang mereka. Namun demikian, situasi kemiskinan yang dihadapi banyak keluarga telah menyebabkan ketidakmampuan mereka dalam menjalankan peran pengasuhan kepada anak-anak, sehingga banyak keluarga kemudian menempatkan anak-anak mereka di LKSA.

Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA) untuk LKSA menggariskan bahwa kemiskinan yang dialami oleh orang tua anak dan kebutuhan akan pendidikan anak tidak bisa dijadikan alasan untuk anak ditempatkan di LKSA.

LKSA bisa meresponnya dengan member dukungan sesuai dengan kebutuhan anak, tanpa harus memisahkan anak dengan orang tuanya. Penetapan pengasuhan anak baik tetap dalam asuhan keluarga atau di LKSA, diputuskan oleh Dinas/instansi Sosial kabupaten/Kota berdasarkan pada
asesmen pekerja sosial. Oleh karena itu peran pekerja sosial sangat penting dalam mengoptimalkan peran LKSA dalam mendukung pengasuhan dalam keluarga maupun dalam LKSA.

LKSA berperan sebagai lembaga yang mendukung pengasuhan berbasis keluarga, termasuk basis keluarga bagi berbagai bentuk pengasuhan alternative untuk anak. Melalui Bantuan Sosial ini, LKSA akan mulai menjalankan fungsi baru dalam mendukung penyatuan kembali anak-anak yang masih dapat diasuh oleh orangtua atau anggota keluarga lainnya dan secara aktif merespon anak-anak yang mengalami masalah pengasuhan.

LKSA yang telah melaksanakan peran pengasuhan kepada anak-anak perlu didukung agar dapat menjalankan fungsinya secara lebih tepat dalam pengasuhan anak. Oleh karena itu Bantuan Sosial melalui LKSA, dapat mengalokasikan bantuannya tidak hanya untuk anak-anak yang ada di dalam LKSA, tetapi juga untuk anak-anak yang ada di luar LKSA (layanan non panti). Layanan ini untuk mendorong penyatuan anak-anak dengan keluarga mereka dan menguatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh anak-anak mereka, termasuk di dalamnya anak jalanan, anak balita terlantar, anak yang berhadapan dengan hukum, anak dengan kecacatan dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus.

Labels: Sosial

Thanks for reading Download Pedoman Operasional Bantuan Sosial Untuk LKSA Tahun 2015. Please share...!

2 Comment for "Download Pedoman Operasional Bantuan Sosial Untuk LKSA Tahun 2015"

sama-sama mas !! Info lain tentang LKSA bisa lihat juga di contohbloglksa.blogspot.com

Back To Top