Update : Contoh TOR Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013

KERANGKA ACUAN KEGIATAN
 (TERM OF REFERENCE)
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


KEMENTERIANNEGARA/LEMBAGA
Kementerian Agama

UNIT ESELON I (08)
Ditjen Pendidikan Islam

PROGRAM
Peningkatan Akses, Mutu, Kesejahteraan dan Subsidi  RA/BA dan Madrasah.(2129)

HASIL (OUTCAME)
Meningkatnya Akses, Mutu dan Daya Saing Pendidikan Islam di MTsN ......................

SATKER 
Madrasah Tsanawiyah Negeri ................. 

KEGIATAN  
Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013

INDIKATOR KELUARAN KINERJA  
Terselenggaranya kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013

KELUARAN (OUTPUT)
Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013

SATUAN UKUR VOLUME DETIL KEGIATAN  
32 Orang 


A.    Latar Belakang

1.   Dasar Hukum

UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
UU No.19 Tahun 2012 Tentang APBN TA.2014
KMA No. 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota.


Gambaran Umum  
            Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat kepenting bagi setiap orang dan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Tanpa pendidikan seseorang akan tertinggal , terbelakang dan pada akhirnya ia akan mengalami banyak kesulitan dalam pergaulan di masyarakat  baik di masa anak-anak , remaja maupun dimasa tua.

            Berdasarkan hal tersebut pemerintah menyelenggarakan Pendidikan Nasional dan wajib belajar bagi setiap warga negara. Hal itu tertuang dalam UU RI Nomor : 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab VIII Pasal 34 Poin 1 yang berbunyi : Setiap warga negara yang berusia 6 tahun dapat mengikuti program wajib belajar; Mengingat begitu pentingnya pendidikan dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat  akan pentingnya pendidikan untuk masa depan bangsa, maka selayaknyalah setiap lembaga pendidikan, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta  harus dapat meningkatkan kinerjanya sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya hingga tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan.   

            Sehubungan dengan itu dan sesuai dengan tuntutan, keinginan dan harapan masyarakat pada umumnya dan orangtua siswa pada khususnya, Salah satu faktor untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme tenaga pendidik.

            Berdasarkan hal itu maka MTs Negeri ...........................Kabupaten Ciamis merasa perlu mengadakan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di MTsN ...............................


B. Penerima Manfaat

     Penerima manfaat dari kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini adalah seluruh Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan, siswa-siswi MTs ..................................

C. Strategi Pencapaian Keluaran

1. Metode Pelaksanaan

Metode pelaksanaan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013  ini dilaksanakan swakelola/ bekerjasama dengan pihak ketiga.

2. Tahapan Pelaksanaan

Untuk rencana pekerjaan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dengan tahapan pelaksanaannya diatur sebagai berikut :
  1. Membuat SK Penunjukan Panitia , Narasumber , Moderatordan Peserta
  2.  Menentukan jaddwal kegiatan  yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi , agar pelaksanaan  kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
  3. Membuat Program Kerja Kegiatan
  4. Mengundang peserta dan narasumber
  5. Melaksanakan acara kegiatan.


D. Kurun Waktu Pencapaian Keluaran

Pencapaian keluaran dari kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 adalah selama 1 (satu) tahun anggaran 2015 dan akan dilanjutkan manakala dalam DIPA tahun berikutnya Pemerintah masih menganggarkan.

E. Biaya yang dibutuhkan

Total anggaran biaya yang dibuthkan untuk melaksanakan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini sebesar Rp. 60.000.000,- ( Enam puluh juta rupiah), dengan rincian anggaran biaya ( RAB) sebagaimana terlampir.

Demikian Kerangka Acuan Kerja/ Term Of Reference ( TOR) dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


RINCIAN KERTAS KERJA SATKER
KEMENTERIAN       : KEMNETERIAN AGAMA RI
UNIT ORGANISASI  : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS
UNIT KERJA             : MTsN....................................
ALOKASI                  : PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Kode
Prog/Kegiatan/Output/Sub Output/Komponen/Sub Komponen/ Akun
Volume

Satuan Harga
Jumlah Biaya
521211
Belanja Bahan
-  ATK Panitia
1 PKT
1.700.000
1.700.000
-  Dokumentasi dan laporan
1 PKT
1.000.000
1.000.000
-  Perlengkapan Peserta
32 PKT
60.000
1.920.000
-  Konsumsi Panitia (4 org x 5 hari )
20 OH
68.000
1.360.000
-  Konsumsi Peserta (32 org x 5 hari)
160 OH
68.000
10.880.000
-  Rapat Persiapan
1 KEG
1.240.000
1.240.000
521213
Honor Output Kegiatan
-  Honorarium Ketua
1 OK
400.000
400.000
-  Honorarium Sekretaris
1 OK
300.000
300.000
-  Honorarium Anggota
2 OK
300.000
600.000
522151
Belanja Jasa Profesi
-  Honorarium Narasumber (6 JPL x 5 hari)
30 JPL
800.000
24.000.000
524114
Belanja Perj.dinas paket meeting dalam kota
-  Transfor peserta (32 org x 5 hari)
160 OH
100.000
16.000.000
-  Transfor  peserta (6 org x 1 keg )
6 OK
100.000
600.000
JUMLAH
60.000.000


Labels: Kumpulan Contoh TOR

Thanks for reading Update : Contoh TOR Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Please share...!

0 Comment for "Update : Contoh TOR Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013"

Back To Top