KERANGKA ACUAN KEGIATAN
(TERM OF REFERENCE)
REHABILITASI RUANG BELAJAR MTs
KEMENTERIANNEGARA/LEMBAGA
Kementerian Agama
UNIT ESELON I (08)
Ditjen Pendidikan Islam
PROGRAM
Peningkatan Akses, Mutu, Kesejahteraan dan Subsidi RA/BA dan Madrasah.(2129)
HASIL (OUTCAME)
Meningkatnya Akses, Mutu dan Daya Saing Pendidikan Islam di MTsN ......................
SATKER
Madrasah Tsanawiyah Negeri .................
KEGIATAN
Rehabilitasi Ruang Belajar MTs
INDIKATOR KELUARAN KINERJA
Meningkatnya Akses, Mutu dan Daya Saing Pendidikan Islam.
KELUARAN (OUTPUT)
Terciptanya Madrasah yang Bermutu
SATUAN UKUR VOLUME DETIL KEGIATAN
................
1. Latar Belakang
a. Dasar Hukum
- UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
- UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
- UU No.19 Tahun 2012 Tentang APBN TA.2014
- KMA No. 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota.
b. Gambaran Umum Singkat
Keberhasilan suatu lembaga pendidikan bukan hanya ditunjang oleh sumber Daya Manusianya saja, Tetapi ketersediaan Sarana dan Prasarana yang memadai tentunya merupakan sesuatu yang menentukan juga. Oleh karena itu merupakan tanggung jawab fundamental bagi suatu lembaga pendidikan untuk senantiasa berusaha dengan sungguh-sungguh dalam memenuhinya.
Salah satu sarana dan prasarana sebuah lembaga pendidikan adalah ketersediaannya ruangan belajar yang memadai, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan sarana pendidikan yang lengkap, permanen, kokoh dan representatif, serta lingkungan belajar yang nyaman, bersih dan asri, maka akan tumbuh rasa bangga dan percaya diri pada siswa dan mereka akan merasa betah selama berada di lembaga pendidikan tersebut.
Mencermati Kondisi Ruang Kelas di MTsN ........ yang rusak berat, sementara jumlah siswa tiap tahun terus meningkat, benar-benar menjadi perhatian serius, baik dari pihak sekolah maupun komite madrasah,
Berdasarkan pertimbangan tersebut ,maka MTs ........ mengusulkan dalam DIPA 2014 adanya Rehabilitasi ruang kelas tiga lokal.
c. Alasan Kegiatan Dilaksanakan
Kegiatan Rehabilitasi Ruang Kelas MTs sangat perlu dilaksanakan untuk meningkatkan gairah belajar bagi guru dan siswa sehingga pada akhirnya akan meningkatnya kualitas pendidikan di Madrasah Tsanawiyah .........
2. Kegiatan Yang Dilaksanakan
Uraian Kegiatan
Rehabilitasi Ruang Belajar MTs. ........ ........ sebanyak 3 lokal.
3. Maksud dan Tujuan
a. Maksud Kegiatan
Pelaksanaan rehabilitasi ruang Kelas MTs dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan belajar siswa dan guru.
b. Tujuan Kegiatan
Kegiatan ini bertujuan untuk :
1. Meningkatnya mutu pendidikan melalui optimalisasi dan efektivitas sarana pembelajaran di MTsN ........
2. Meningkatnya peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan di MTsN ........
3. Merangsang animo masyarakat untuk tetap menyekolahkan anak-anaknya ke MTsN .........
4. Indikator Keluaran dan Keluaran
a. Indikator Keluaran
Rehabilitasi Ruang Belajar MTsN ........ sebanyak 3 lokal.
b. Keluaran
Keluaran (output) dari kegiatan Rehabilitasi Ruang Belajar ini adalah agar terciptanya madrasah yang bermutu.
5. Cara Pelaksanaan Kegiatan
a. Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan Rehabilitasi Ruang Belajar MTs. dilaksanakan dengan pelelangan umum
b. Tahapan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan sarana dan prasarana fisik dalam hal ini Pekerjaan Rehabilitasi Ruang Belajar MTs dilakukan melalui beberapan tahapan sebagai berikut :
Persiapan
Perencanaan, penunjukan konsultan perencana
- Pelaksanaan Pekerjaan, yang meliputi proses pelelangan sampai penunjukan pemenang / pelaksana
- Pengawasan oleh konsultan pengawas maupun pengawas internal
- Pengendalian
- Pemeliharaan
- Serah terima, pembayaran hasil pekerjaan dan inventarisasi asset ke dalam Sistem Aplikasi barang milik Negara
- Pelaporan
6. Tempat pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan dilaksanakan di MTs ........ ........, Jalan Handapherang Nomor 94 ........ .........
7. Pelaksana dan Penanggungjawab Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan oleh
- Kuasa Pengguna Anggaran / Barang pengadilan Tinggi Agama kendari
- Panitia Pengadaan
- Rekanan / Pelaksana proyek
- Konsultan / pengawas kegiatan
8. Jadwal Kegiatan
Tabel Rencana Realisasi Kegiatan
9. Biaya
Perkiraan total biaya untuk pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Ruang Belajar MTsN ........ adalah sebesar Rp.270.000.000,- (Dua ratus tujuh puluh juta rupiah). Rincian lebih lanjut atas biaya tersebut disajikan tersendiri dalam Rencana Anggaran Biaya (RAB).
Labels:
Kumpulan Contoh TOR
Thanks for reading Contoh Term Of Reference (TOR) Rehabilitasi 3 Ruang Kelas. Please share...!
0 Comment for "Contoh Term Of Reference (TOR) Rehabilitasi 3 Ruang Kelas"