KERANGKA ACUAN KEGIATAN
(TERM OF REFERENCE)
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
KEMENTERIANNEGARA/LEMBAGA
Kementerian Agama
UNIT ESELON I (08)
Ditjen Pendidikan Islam
PROGRAM
Peningkatan Akses, Mutu, Kesejahteraan dan Subsidi RA/BA dan Madrasah.(2129)
HASIL (OUTCAME)
Meningkatnya Akses, Mutu dan Daya Saing Pendidikan Islam di MTsN ......................
SATKER
Madrasah Tsanawiyah Negeri .................
KEGIATAN
Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
INDIKATOR KELUARAN KINERJA
Terselenggaranya kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
KELUARAN (OUTPUT)
Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
SATUAN UKUR VOLUME DETIL KEGIATAN
32 Orang
A. Latar Belakang
1. Dasar Hukum
UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara;
UU No.19 Tahun 2012 Tentang APBN TA.2014
KMA No. 373 Tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota.
Gambaran Umum
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat kepenting bagi setiap orang dan merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Tanpa pendidikan seseorang akan tertinggal , terbelakang dan pada akhirnya ia akan mengalami banyak kesulitan dalam pergaulan di masyarakat baik di masa anak-anak , remaja maupun dimasa tua.
Berdasarkan hal tersebut pemerintah menyelenggarakan Pendidikan Nasional dan wajib belajar bagi setiap warga negara. Hal itu tertuang dalam UU RI Nomor : 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab VIII Pasal 34 Poin 1 yang berbunyi : Setiap warga negara yang berusia 6 tahun dapat mengikuti program wajib belajar; Mengingat begitu pentingnya pendidikan dan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan untuk masa depan bangsa, maka selayaknyalah setiap lembaga pendidikan, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta harus dapat meningkatkan kinerjanya sesuai dengan fungsi dan tugas pokoknya hingga tercapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Sehubungan dengan itu dan sesuai dengan tuntutan, keinginan dan harapan masyarakat pada umumnya dan orangtua siswa pada khususnya, Salah satu faktor untuk memenuhi tuntutan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme tenaga pendidik.
Berdasarkan hal itu maka MTs Negeri ...........................Kabupaten Ciamis merasa perlu mengadakan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 guna meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 di MTsN ...............................
B. Penerima Manfaat
Penerima manfaat dari kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini adalah seluruh Tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan, siswa-siswi MTs ..................................
C. Strategi Pencapaian Keluaran
1. Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini dilaksanakan swakelola/ bekerjasama dengan pihak ketiga.
2. Tahapan Pelaksanaan
Untuk rencana pekerjaan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, dengan tahapan pelaksanaannya diatur sebagai berikut :
- Membuat SK Penunjukan Panitia , Narasumber , Moderatordan Peserta
- Menentukan jaddwal kegiatan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi , agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.
- Membuat Program Kerja Kegiatan
- Mengundang peserta dan narasumber
- Melaksanakan acara kegiatan.
D. Kurun Waktu Pencapaian Keluaran
Pencapaian keluaran dari kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 adalah selama 1 (satu) tahun anggaran 2015 dan akan dilanjutkan manakala dalam DIPA tahun berikutnya Pemerintah masih menganggarkan.
E. Biaya yang dibutuhkan
Total anggaran biaya yang dibuthkan untuk melaksanakan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013 ini sebesar Rp. 60.000.000,- ( Enam puluh juta rupiah), dengan rincian anggaran biaya ( RAB) sebagaimana terlampir.
Demikian Kerangka Acuan Kerja/ Term Of Reference ( TOR) dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
RINCIAN KERTAS KERJA SATKER
KEMENTERIAN : KEMNETERIAN AGAMA RI
UNIT ORGANISASI : KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN CIAMIS
UNIT KERJA : MTsN....................................
ALOKASI : PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Kode
|
Prog/Kegiatan/Output/Sub Output/Komponen/Sub Komponen/ Akun
|
Volume
|
Satuan Harga
|
Jumlah Biaya
|
521211
|
Belanja Bahan
|
|||
- ATK
Panitia
|
1 PKT
|
1.700.000
|
1.700.000
|
|
- Dokumentasi
dan laporan
|
1 PKT
|
1.000.000
|
1.000.000
|
|
- Perlengkapan
Peserta
|
32 PKT
|
60.000
|
1.920.000
|
|
- Konsumsi
Panitia (4 org x 5 hari )
|
20 OH
|
68.000
|
1.360.000
|
|
- Konsumsi
Peserta (32 org x 5 hari)
|
160 OH
|
68.000
|
10.880.000
|
|
- Rapat
Persiapan
|
1 KEG
|
1.240.000
|
1.240.000
|
|
521213
|
Honor Output Kegiatan
|
|||
- Honorarium
Ketua
|
1 OK
|
400.000
|
400.000
|
|
- Honorarium
Sekretaris
|
1 OK
|
300.000
|
300.000
|
|
- Honorarium
Anggota
|
2 OK
|
300.000
|
600.000
|
|
522151
|
Belanja Jasa Profesi
|
|||
- Honorarium
Narasumber (6 JPL x 5 hari)
|
30 JPL
|
800.000
|
24.000.000
|
|
524114
|
Belanja Perj.dinas paket
meeting dalam kota
|
|||
- Transfor
peserta (32 org x 5 hari)
|
160 OH
|
100.000
|
16.000.000
|
|
- Transfor peserta
(6 org x 1 keg )
|
6 OK
|
100.000
|
600.000
|
|
JUMLAH
|
60.000.000
|
Labels:
Kumpulan Contoh TOR
Thanks for reading Update : Contoh TOR Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Please share...!
0 Comment for "Update : Contoh TOR Kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013"