Download Bahan Pembelajaran Utama Pembuatan RKJM dan RKAS/M

Buku Panduan Pembuatan RKJM dan RKA S/M

RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH (RKJM)
DAN 
RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH / MADRASAH

Pengantar 
Perencanaan yang baik pada suatu kegiatan adalah awal dalam meraih sebuah kesuksesan. Pada saat kita mulai menyusun perencanaan kegiatan, kita telah menciptakan banyak peluang untuk menuju kesuksesan. Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan ketentuan lain yang menunjang telah dibuat sebagai landasan dalam penyusunan rencana kerja sekolah/madrasah. Kesemuanya ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah perencanaan yang baik.

Permendiknas No19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menjelaskan bahwa:
  1. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) menggambarkan tujuan yang akan dicapai dalam kurun waktu empat tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan.
  2. Rencana kerja tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKA-S/M) dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah.

Rencana kerja sekolah/madrasah akan memberikan banyak peluang bagi Saudara sebagai kepala sekolah/madrasah dalam mengelola segala sumber daya yang ada di sekolah/ madrasah dengan cara yang terbaik, efektif dan efisien, untuk mendapatkan prestasi terbaik, memberikan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik.

BPU ini disusun untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah/madrasah dalam proses penyusunan rencana kerja sekolah/madrasah yang dikembangkan dengan memperhatikan sistem pendidikan inklusi yaitu lingkungan geografis, budaya, agama, ras, jender, perlindungan anak serta kelompok masyarakat HIV/AIDS dan berkebutuhan khusus.

BPU ini akan membantu Saudara dalam proses penyusunan rencana kerja sekolah/ madrasah dengan terlebih dahulu memahami Standar Nasional Pendidikan (SNP), Standar Pelayanan Minimal (SPM) bagi pendidikan dasar, Analisis Konteks atau Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M), dan Petunjuk Teknis Penyusunan Rencana Kerja Sekolah/ Madrasah. Melalui kajian berbagai dokumen dan diskusi dengan sesama kepala sekolah/ madrasah dalam forum KKKS/KKM atau MKKS/M serta diskusi dengan tim pengembang di sekolah/madrasah, maka kemampuan dan keterampilan Saudara dalam menyusun rencana kerja sekolah/madrasah akan semakin meningkat.

Keterampilan menyusun RKJM-RKAS/M sangat penting bagi Saudara. RKJM merupakan wujud dari program jangka menengah (empat tahun), dan RKAS/M merupakan program tahunan (satu tahun) yang akan menjadi pedoman bagi Saudara beserta tim pengembang sekolah/madrasah dalam mengelola sekolah/madrasah selama Saudara melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah/madrasah.

RKJM-RKAS/M juga akan menjadi panduan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah/madrasah Saudara dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Perencanaan yang berkualitas akan menghasilkan kinerja yang berkualitas pula. RKJM-RKAS/M yang ideal membutuhkan tim pengembang yang kompak, maka Saudara perlu menyamakan persepsi di lingkungan tempat kerja agar proses penyusunan sesuai dengan yang diharapkan.

BPU ini dilakukan dengan pendekatan In Service Learning (In-1), On the Job Learning (On) dan In Service Learning 2 (In-2).

Labels: BOS

Thanks for reading Download Bahan Pembelajaran Utama Pembuatan RKJM dan RKAS/M . Please share...!

0 Comment for "Download Bahan Pembelajaran Utama Pembuatan RKJM dan RKAS/M "

Back To Top