Pendataan Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun 2020 Melalui Modul E-Manja

OSZ : Pendataan Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun 2020 Melalui Modul E-Manja

Pendataan siswa calon peserta Ujian Nasional akan  kembali menggunakan website EMIS Manajemen UN  atau yang biasa disebut dengan E-Manja. Web ini sebenarnya sudah pernah digunakan pada  pendataan siswa calon peserta Ujian Nasional tahun  lalu, yaitu pada Tahun Pelajaran 2018/2019.

Mengingat alur pendataan siswa calon peserta Ujian  Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 meliputi EMIS  Madrasah - Verval PD - PDUN - Bio UN.

Web ini sebenarnya termasuk kedalam satu  kesatuan dengan link website Emis  Madrasah. Link E-Manja sendiri adalah http://emispendis.kemenag.go.id/e-  manja/. Username dan Password yang  digunakan adalah username dan password  akun EMIS Madrasah masing-masing.

Setelah berhasil masuk web, maka tampilan  E-Manja hampir sama seperti dulu. Bedanya  untuk E-Manja kali ini menu yang bisa  digunakan hanya 2. Yaitu Analisis Data dan  PDUN. Dalam menu PDUN pun hanya ada 2  Sub-Menu yaitu Rombel dan Peserta Didik.

Yang sebelumnya banyak  mempertanyakan kenapa siswa  calon peserta Ujian Nasional  tidak masuk PDUN, bisa di cek  dalam menu Rombel. Apakah kelengkapan data  yang dibutuhkan pada rombel  sudah dilengkapi atau belum ?

Menu yang kedua adalah Peserta Didik.
Karena E-Manja hanya untuk melengkapi dan  memperbaiki data detail siswa. Maka yang  bisa dilengkapi dan diperbaiki hanya data  yang akan dibutuhkan di PDUN.

Jika terdapat kesalahan identitas pokok siswa  (NIK, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis  kelamin dan nama ibu kandung), madrasah  dapat melakukan perbaikan (edit) data  melalui aplikasi Verval-PD.

Pastikan data yang diinput sudah benar, dan  klik Simpan. Untuk melihat suksesnya  perubahan data, jangan lupa lakukan Refresh  halaman web.

Bagi siswa berkebutuhan khusus pada kolom Kebutuhan Khusus, diisi dengan kode :
A= Tuna Netra
B= Tuna Rungu
C= Tuna Grahita
D= Tuna Daksa
E= Tuna Laras
J= Bakat Luar Biasa
K= Sulit Belajar

Untuk kolom yang kosong Jenjang MI kolom :
  1. Nomor Peserta Ujian
  2. Nomor seri SKHUN, dan
  3. Nomor seri Ijazah

bisa dikosongkan dan langsung simpan.  untuk jenjang MTs dan MA :
1. Nomor Peserta Ujian diisi dengan 20 karakter jenjang UN  sebelumnya
Format Penulisan ( Contoh : 1-17-02-15-090-013-4 )
2. Nomor seri SKHUN ( Contoh : DN-02-JBR-1-17021170215135020 ) dan
3. Nomor seri Ijazah ( Contoh : DN-02 Dd/06 0393253 )

Untuk siswa yang terdata  ganda, pada web E-Manja  bisa dilakukan  penghapusan siswa, pada  menu yang sama yaitu  Peserta Didik - Hapus Data  (Kotak merah sebelah Aksi).  Pastikan siswa yang  memang terdata ganda  yang dihapus.

Pengumuman di Web Emis Madrasah
Sehubungan dengan adanya pendataan CAPESUN dan LTMPT (http://emispendis.kemenag.go.id/e-manja) , maka laman ini ditutup untuk aktifitas jenjang MI, MTS dan MA. Penambahan siswa (khusus kelas akhir) dapat dilakukan oleh pengelola data Kabko atau Kanwil melalui e-monitor (http://emispendis.kemenag.go.id/e-monitor) dan disetujui admin pusat dan kemudian di sinkronisasi).

Demikian informasi mengenai Pendataan Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun 2020 Melalui Modul E-Manja, semoga bermanfaat. 
Labels: E-MANJA

Thanks for reading Pendataan Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun 2020 Melalui Modul E-Manja. Please share...!

0 Comment for "Pendataan Peserta Ujian Nasional Madrasah Tahun 2020 Melalui Modul E-Manja"

Back To Top