8 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

OSZ : 8 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

8 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan yang mudah mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita sebagai umat muslim agar kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan sehat, yo kita baca sama-sama :
  1. Pada waktu sahur dan berbuka puasa kita usahakan makanan yang kita hidangkan minimal harus ada salah satu jenis makanan dari empat kelompok makanan,yaitu makanan pokok (beras,jagung,roti,ubi) yang mengandung banyak karbohidrat.
  2. Khusus waktu buka puasa, kita harus dahulukan berbuka dengan minum air putih dan makanan yang manis manis dari buah buahan seperti kurma tomat dan lain-lain. gunanya untuk mengembalikan atau meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang sempat berkurang saat berpuasa.
  3. Menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak baik saat sahur maupun saat berbuka.
  4. Pada saat berpuasa usahakan jangan terlalu banyak menyantap makanan terlalu asin pada saat berbuka dan sahur karena makanan yang terlalu asin akan menyebabkan tubuh kita mudah dehidrasi.
  5. Perbanyaklah minum air putih saat sahur dan buka minimal 8 gelas per hari.
  6. Lakukan kegiatan fisik seperti jogging dan bersepeda yang tidak terlalu menguras tenaga sehingga dapat menjaga kondisi tubuh.
  7. Kurangi stres saat berpuasa.karena rasa stres akan mempengaruhi kondisi tubuh dan fikiran kita untuk mengatasinya perbanyaklah baca Al Qur'an, juga ikutilah kajian-kajian agama untuk merefresh kembali hati kita.
  8. Hindari asap rokok,karena asap rokok sangat membahayakan diri dan orang orang sekitar kita sehingga untuk para perokok bulan puasa cocok untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.
Dengan badan yang sehat dan bugar, pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan kita akan terasa nyaman sehingga pelaksanaan ibadah-ibadah yang disunnahkan di bulan Ramadhan dapat kita lakukan. 

Mari kita niatkan dengan badan yang sehat untuk meningkatkan ibadah kepada Allah Swt. di bulan yang suci ini juga di bulan-bulan lainnya. Semoga kita semua diberi kesehatan dan keberkahan selama bulan Ramadhan ini.

Semoga bermanfaat...

Labels: Tips

Thanks for reading 8 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan. Please share...!

0 Comment for "8 Tips Sehat Berpuasa Ramadhan"

Back To Top