Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

OSZ : Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 367/DJ.I/Set.I/OT.01/03/2019 pada tanggal 28 Maret 2019 kemarin tentang Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun 2018/2019 bahwa pelaksanaan Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 akan dimulai pada tanggal 1 April 2019 sampai dengan tanggal 31 Mei 2019. Dengan di keluarkannya surat edaran ini pula bahwa untuk Update Pemutahiran Data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 berakhir pada hari ini tanggal 30 Maret 2019. 

Pelaksanaan Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ini dilaksanakan selama 2 bulan semoga pelayanan EMIS semakin terus lebih baik lagi sehingga mendapatkan data yang valid. Dalam surat edaran Dirjen Pendis disampaikan beberapa informasi sebagai berikut : 

1. Pemutakhiran data EMIS tersebut itu diberlakukan bagi seluruh entitas data dibawah binaan Direktorat Jendral Pendidikan Islam, yang meliputi :

a. EMIS Madrasah, terdiri dari data RA, MI, MTs, MA dan Pengawas Madrasah berada dibawah kordinasi bidang Pendidikan Madrasah/ Pendidikan Islam (Pendis)  di tingkat kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi Pendidikan Madrasah / pendis di tingkat Kankemenag Kabupaten Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwin dan Kankemenag Kabupaten/Kota.
b. EMIS PD-Pontren, terdiri dari data pondok pesantren (Pontren), Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), Lembaga pendidikan al-qur'an (LPQ), Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajar Dikdas (PPS Wajar Dikdas), Pendidikan Diniyah Forma (PDF) dan satuan Pendidikan Muadalah (SPM) berada dibawah kordinasi Bidang  PD-Pontren/PAKIS/Pendis di tingkat KanKemenag kabupaten/Kota (sesuai tipologi masing - masing Kanwil dan KanKemenag Kabupaten/Kota).
c. EMIS PD-Pontren tidak melakukan pendataan program paket (A,B, dan C) yang dikelola oleh PKBM dibawah naungan pondok Pesantren. Pendataan penyelenggaraan program paket tersebut dilakukan melalui DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
d. EMIS PAI, terdiri dari data guru PAI, Pengawas PAI dan penyelenggara PAI di sekolah dibawah kordinasi  Bidang Bidang PAI/PAKIS/Pendis Islam ditingkat KanKemenag Kabupaten Kota sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan KanKemenag Kab/Kota.
e. EMIS PTKI, terdiri dari data PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) dan PTKIS.
f. Pendataan PTKIN dibawah kordinasi  bagian perencanaan dan data atau pusat Teknologi Informasi dan pangkalan data (sesuai Unit penanggung jawab EMIS yang ditunjuk di PTKIN masing- masing).
g. Pendataan PTKIS di bawah kordinasi Kopertais Wilayah sebagai penanggung jawab pendataan EMIS PTKIS di wilayah masing - Masing.

2. Aplikasi pendataan emis dapat di akses di laman :

a. Aplikasi EMIS Madrasah :
   http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah/

b. Aplikasi EMIS PD-Pontren :
   http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pontren/

c. Aplikasi EMIS PAI :
   http://emispendis.kemenag.go.id/emis_pai/

d. Aplikasi EMIS PTKI :
   http://emispendis.kemenag.go.id/ptki/

3. Satuan pendidikan yang disebut diatas yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS tidak akan diakui oleh Kementerian Agama dan tidak berhak untuk mendapatkan layanan dalam bentuk apapun dari Direktoran Jenderal Pendidikan Islam..
4. Jadwal pelaksanaan pemutakhiran data EMIS semester genap tahun pelajaran 2018/2019  dimulai terhitung tanggal 01 april 2019 sampai dengan 31 Mei 2019.
5. Kepala Kanwil Kemenag Provinsi diharapkan untuk meneruskan informasi ini Kepala seluruh jajaran Madrasah dibawahnya melalui Kabupaten Kota.
6. Kopertais wilayah diharapkan untuk meneruskan informasi ini kepada seluruh PTKIS yang berada di wilayahnya.

Download surat Edaran : Unduh Disini

Labels: Emis Pendis

Thanks for reading Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Please share...!

0 Comment for "Update Pemutahiran Data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019"

Back To Top